Mengunduh Ubin dari ESRI

Ceritanya, saya ingin mengunduh level 0-5 ubin dari ESRI, sehingga nantinya di kampus WC U saya ini, yang sinyal telkomsel saja susah apalagi sinyal WiFe, bisa saya demokan ubinnya di kelas. Dulu pernah saya bahas Leaflet Pouch DB, tapi, itu ubin kita simpan di browser, bukan di berkas (file).

Nah, format penomoran ubin dapat dibaca di sini:
http://wiki.openstreetmap.org/wiki/Slippy_map_tilenames

Dari sana, saya buatkan kode di Ms Excel menggunakan VBA:

Inti dari kodingan di atas adalah untuk membuat sebuah file yang siap dijalankan dari CMD saya. File ini hanya membuatkan script untuk mendownload ubin dari ESRI menggunakan wget.

Format ESRI adalah z/y/x, sedangkan format ubin umumnya adalah z/x/y

Makanya, kita perlu ubah sedikit,

Sedangkan masalah lain adalah ESRI tidak memberikan extensi akhir, apakah itu gambar JPG ataukah PNG? Solusinya, saya gunakan Firefox untuk melihat, ternyata formatnya JPG

Masalah lain saya temui adalah wget -x sepertinya tidak mau, jadi terpaksa saya buatkan juga kode untuk MKDIR (membuat direktori baru)

download-world_imagery

Sedikit tambahan, saya menggunakan WGETRC, agar wgetnya lebih mengerti bahwa saya menggunakan proxy server:

(DMY=01/01/2017 | 23:35:32)
D:\ms4w\apps\bpbd\public\world_imagery>set WG
WGETRC=D:\ms4w\apps\bpbd\public\world_imagery\wgetrc.txt


(DMY=01/01/2017 | 23:38:57)
D:\ms4w\apps\bpbd\public\world_imagery>type wgetrc.txt
http_proxy=http://127.0.0.1:8118
user_agent="Mozilla/5.0 (Windows NT 6.2; WOW64; rv:50.0) Gecko/20100101 Firefox/50.0"

Ini tidak perlu untuk Anda, hanya karena saya menggunakan proxy, tapi terkadang beberapa server melarang wget masuk, jadi terpaksa wget menggunakan user_agent, kali ini nyaru menjadi Firefox di Windows NT 6.2 (Windows 8)

Setelah ubinnya berhasil Anda unduh, langkah selanjutnya adalah membuat leafletnya, untuk host ubin tersebut:

 

