QGIS OpenLayers Plugin with Atlas

malam ini, saya sedikit bahagia bisa menemukan cara untuk download citra dari google map untuk dicetak ke ukuran besar, yaitu kertas A3. Untuk itu, Anda membutuhkan amunisi OpenLayers plugin pada QGIS Anda, sebuah API Key dari Google yang bisa Anda buat dan daftar sendiri, dan peta Kota Pekanbaru yang shp nya bisa Anda download dari Google Drive saya:

https://drive.google.com/drive/folders/0B74l2xy9vkHgRkRZZkVmV3d3SWc?usp=sharing (

Perhatikan bahwa saya dari dulu selalu GAGAL dalam meng-expor gambar dari composer saat menggunakan OpenLayers plugin, karena ternyata baru beberapa saat yang lalu saya temui penyebabnya: ZOOM pada composernya!

 

Agar peta Anda benar, saat membuat ZOOM di composer, ANDA HARUS 100% zoomnya, tidak boleh kecil dari itu. Sialnya, defaultnya ZOOM to FIT dan ini akan MERUSAK peta Anda. Jadikan zoomnya 100%, dan semua selesai! Peta hasil export composer Anda akan cantik!

 

PERHATIKAN bahwa Anda bisa mencentang untuk membuat sebuah WORLD file saat export gambar / atlas Anda dari composer, sehingga jika nanti Anda butuh menggunakan kembali hasil export Anda untuk jadi layer kembali, maka Anda tidak perlu lagi melakukan GeoReferencing, tapi ingat bahwa GOOGLE menggunakan EPSG 3857, atau Pseudo Mercator, bukanlah WGS84!

nah, yang jadi masalah biasanya oleh mahasiswa adalah adanya tulisan Copyright di kanan, dan logo Google di pojok kiri bawah. Seharusnya Anda tidak boleh menghilangkan atribution tersebut. Tapi, kalaupun memang “terpaksa” atau untuk coba-coba, bisa Anda edit berkas ~/.qgis2/python/plugins/openlayers_plugin/weblayers/html/google.css

.gm-style-cc{display:none;!important;}

.gm-style > div:nth-child(2) > a:nth-child(1) > div:nth-child(1) > img:nth-child(1){display:none;!important;}

tapi, tentu ini tidak etis …

 

Iklan