Bermain dengan Leaflet GeoJSON

Leaflet sangat menjanjikan dan dapat Anda gunakan (dan lebih saya sarankan) untuk menggantikan Google Maps API. Ada banyak alasan untuk tidak lagi menggunakan Google dan beralih menggunakan Leaflet, seperti:

  • Leaflet bisa Anda host untuk LAN/localhost. Google Maps API walaupun bisa juga untuk itu, tetapi “melanggar” term of use (katanya).
  • Leaflet open source.
  • sila lihat webnya Leaflet untuk masih banyak lagi alasan.

Sebenarnya, contoh dari Leaflet sendiri sudah ada untuk GeoJSON, dan dapat Anda pelajari di sini:

http://leafletjs.com/examples/geojson.html

dan POC dapat dilihat di sini:

http://leafletjs.com/examples/geojson-example.html

leaflet denver

Namun, berhubung saya mengajar di Kota Pekanbaru, tentu lebih enak mengajar mahasiswa dengan contoh langsung Kota Pekanbaru, bukannya Denver.

Permasalahan saat mengajarkan GIS dengan sample lokal (Indonesia), adalah kurangnya data / sumber yang dapat digunakan. Untuk itu, saya meng-export sebuah SHP yang saya dapatkan dari saudara di Pekanbaru yang berisi posisi kantor lurah di Pekanbaru. Keakurasian data saya tidak tahu, tapi untuk bermain-main dengan Leaflet: boleh lah.

Untuk dapat mengubah berkas SHP menjadi GeoJSON, Anda cukup menggunakan QGIS. Dari QGIS, layer kantor_lurahan dapat Anda klik kanan lalu pilih simpan sebagai.

qgis-layer-simpan_sebagai

Jangan lupa untuk MENGUBAH CRS menjadi WGS84, karena beberapa berkas SHP yang kita terima dari orang terkadang CRS nya bukan WGS84. Pada kasus saya adalah WGS 84 / UTM Zone 47N, yang satuannya meter, bukan derajat (Latitude, Longitude)

simpan sebagai wgs84

Untuk memudahkan Anda melihat hasil GeoJSON kantor kelurahan tersebut, Anda dapat lihat dari GIST saya di:

PERHATIAN bahwa saya menambahkan

var kantor_lurah_84=

di awal file, karena akan kita akses dengan JavaScript.

Nah, kalau ingin melihat hasilnya, sila bertandang ke sini:

http://rawgit.com/kampar/b7b8afcc6e75fc9d59d1/raw/79f22dafd219159782960a1947ba055f4eacda02/L.geoJSON_sample_pekanbaru.html

leaflet geojson pekanbaru

Source code dapat dilihat di:

 

Nah, dari sourcecode / kodesumber di atas, Anda dapat melihat bahwa SANGAT GAMPANG sekali menambahkan sebuah GeoJSON di Leaflet, yaitu cukup dengan 1 baris perintah:

L.geoJson(kantor_lurah_84,{
onEachFeature: onEachFeature
}).addTo(map);

Eits, apa pula itu onEachFeature? Fungsi itu saya tambahkan agar markernya dapat di klik, dan jika dikilik kilik genit dikit dia, dengan menampilkan pop-up HTML nama kelurahannya. Sila lihat fungsi tersebut untuk mendalaminya.

Iklan

One thought on “Bermain dengan Leaflet GeoJSON”

Komentar ditutup.