Membuat Peta Kontur dengan QGIS

Buat Anda yang kurang kerjaan, silahkan ikuti tutorial sesaat (bukan sesat, ya) untuk membuat peta kontur ketinggian (elevasi) menggunakan QGIS.

Persenjataan yang harus Anda siapkan adalah:

  • QGIS, lisensinya mahal, alias OpenSource
  • Akses Internet untuk mendownload dari http://earthexplorer.usgs.gov/
  • email untuk konfirmasi akun dari USGS (jika belum punya)

Pertama kali, jika Anda belum pernah mendaftar ke USGS, Anda harus mendaftar dahulu, dan terkadang email konfirmasinya akan cukup lama baru nyampenya, makanya saya sarankan Anda mendaftar dahulu. Mendaftarnya gratis, tapi nunggu konfirmasinya lumayan lamma.

Jika di inbox email Anda telah dapat konfirmasi, baru navigasi ke USGS http://earthexplorer.usgs.gov/ dan login dahulu lebih baik. Baru cari peta Digital Elevation untuk Indonesia, seperti terlihat di screenshot berikut:

penampakan unduh GMTED2010

Pada contoh di atas, saya memilih lokasi sekitar P. Sumatera dan dataset GMTED 2010. Silahkan unduh, jangan yang besar-besar, cukup yang kecil saja dahulu, karena toh kita disini hanya tutorial sesat eh sesaat …

download options

30 Arcus Second ukurannya 14.8 MegaByte. Contoh di atas karena saya belum login. 30ArcSec untuk ketelitian sekitar 1 kilo di khatulistiwa (CMIIW, gw masih n00b di sini), 15 ARC SEC sekitar 500m, dan 7,5 ARC SEC sekitar 250meter.

Apa itu GMTED 2010?

GMTED adalah singkatan dari Global Multiresolution Terrain Elevation Data yang dilakukan oleh US Geology Survey (anggap aja mirip-mirip seperti BIG di Indonesia).

Setelah di unduh, extract berkas zip tersebut dengan 7zip. Kemudian, buka QGIS Anda, dan buka raster, navigasi ke salah satu berkas. Ada banyak berkas di sana, yaitu: Minimum Elevation, Maximum Elevation, Mean Elevation, Standar Deviation of Elevation, dan Median Elevation.

Untuk gampangnya, open yang MEA aja.

Pilih layer raster tersebut, kemudian pilih menu Raster -> Extraction -> Contour. Simpan menjadi sebuah berkas .SHP, jangan lupa centang Attribute Name agar ada labelnya, baru klik OK  dan tunggu agak lama …

raster extract contour setting

raster extract contour

Jika telah selesai, Anda dapat melihat hasilnya dengan menambahkan label ELEV yang melekat di kontur tersebut.

label ELEV

Berikut tampilan setelah labelnya ditampilkan …

kampar elev result

 

 

 

Iklan