Gunakan OGRINFO untuk export import berbagai format GIS

Salah satu kelemahan dalam GIS adalah banyaknya format berkas dan beberapa piranti lunak tidak saling export-import secara default. Untungnya sekarang sudah ada OGC, yang merupakan konsorsium untuk keterbukaan.

BTW, sesuai judul postingan saya ini, saya ingin menunjukkan salah satu tools yang sangat penting bagi praktisi ataupun pemula dalam GIS, misalnya Anda (terpaksa mengikuti) matakulah GIS, yaitu: OGRINFO

Untuk dapat menjalankan OGRINFO di Windows, cara paling cepat adalah sekalian dengan mendownload MS4W (MapServer for Windows), dan nantinya Anda telah memiliki ogrinfo.

Caranya, buka CMD.exe Anda, biasanya dari run, ketik cmd. Kemudian, navigasi ke tempat Anda mengextrak MS4W lalu menjalankan setenv.bat.

ogrinfo path

 

Seperti terlihat pada gambar di atas, secara default ogrinfo tidak ada dalam path Anda. Jadi, kalau Anda menjalankan perintah ogrinfo di cmd, maka akan keluar error seperti berikut:

‘ogrinfo’ is not recognized as an internal or external command,
operable program or batch file.

Kegunaan setenv.bat adalah untuk meng-set environment variable PATH agar menambahkan lokasi ogrinfo.exe.

 

Gunakan perintah ogrinfo –formats untuk mengetahui format apa saja yang didukung oleh ogrinfo Anda, karena bisa saja binary Anda tidak sama dengan saya.

 

Untuk mencari tahu isi jeroan sebuah berkas GIS, cukup dengan perintah ogrinfo namaFileGIS.extension. Contoh:

ogrinfo map.shp

Terlihat pada gambar bahwa berkas map.shp merupakan ESRI Shapefile. Pada berkas tersebut ada sebuah layar, namanya map dan tipenya Polygon. Untuk mengetahui lebih lanjut isi layer map tersebut gunakan perintah ogrinfo file.ext namaLayer

Contoh:

ogrinfo map.shp map out

Eits, apa pula itu tanda >

Tanda besar sama digunakan untuk meredirect output layer tersebut ke sebuah berkas map.out.txt, sehingga tidak perlu ditampilkan ke layar CMD Anda. Kenapa? karena outputnya besar dan lebih baik ditampung ke sebuah file.

Nantinya kita buka file tersebut dengan notepad

 

 

 

Iklan